Profil Sekolah

SMA Negeri 11 Tangerang Selatan

Sejarah


Berdiri pada tanggal 27 Juni 2006 bernama SMAN 6 Ciputat, berdasarkan keputusan Bupati Kepala Daerah Kabupaten Tangerang mengeluarkan Nomor: 421/Kep.208-Huk/2006 yang berisi tentang pendirian sekolah negeri baru di kecamatan Ciputat.

Pada tanggal 8 Februari 2008, SMAN 6 Ciputat pindah ke gedung baru yang terletak di Kelurahan Jombang Ds. Rawa Lele, Kec. Ciputat.

Seiring berdirinya Kota Tangerang Selatan yang memisahkan diri dari Kabupaten Tangerang, maka bulan Juni 2009 terjadi pula perubahan nama SMA Negeri 6 Ciputat menjadi SMA Negeri 11 Tangerang Selatan

Visi Misi dan Tujuan

  • Visi SMA Negeri 11 Tangerang Selatan

    Sekolah yang berwawasan lingkungan, menghasilkan insan cerdas, berakhlak mulia dan terampil dalam Iptek.
  • Misi SMA Negeri 11 Tangerang Selatan (7M)

    Meningkatkan Iman dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    Membina dan meningkatkan karakter, kepekaan, dan kepedulian sosial.
    Menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, nyaman serta aman.
    Meningkatkan kompetensi dan prestasi siswa dalam Iptek.
    Menciptakan  kultur/budaya lingkungan bersih, sehat, dan menyenangkan.
    Mewujudkan kecakapan hidup (life skill) siswa dalam komunitas global.
    Mewujudkan komunitas sekolah sebagai Institusi Pendidikan yang kondusif.

  • Moto Sekolah

    Semangat  -  Memiliki semangat yang tinggi dalam belajar.
    Prestasi  -  Berusaha dalam meraih Prestasi.
    Obyektif  -  Berpikir, bersikap dan bertindak obyektif.
    Religius  -  Mempunyai dasar religius yang kuat.
    Tangguh  -  Tangguh dalam menghadapi rintangan.
    Inovatif  -  Selalu berinovasi, dan berkarya.
    Fleksibel  -  Menyesuaikan diri dengan perkembangan Zaman.
  • Tujuan Strategis SMA Negeri 11 Tangerang Selatan (4T)

    Tersedianya layanan pendidikan karakter yang memadai.
    Terlaksananya pelayanan pembelajaran.
    Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan menyenangkan.
    Tersedianya sistem manajemen yang handal dalam menjamin terselenggaranya layanan pendidikan.

  • Sasaran Strategi

    Sasaran strategi untuk mencapai T1
    Seluruh kegiatan pengembangan diri mengintegrasikan pendidikan karakter.
    Seluruh guru mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran yang diampu, meliputi 31 macam karakter, yaitu:
    Religius
    Percaya diri
    Patuh pada aturan - aturan sosial
    Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
    Mandiri
    Nasionalis
    Menghargai karya dan prestasi orang lain
    Bertanggung jawab
    Bergaya hidup sehat
    Santun
    Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
    Jujur
    Disiplin
    Kerja keras
    Demokratis
    Peduli sosial dan lingkungan
    Ingin tahu
    Berjiwa wirausaha
    Konasi (kemauan untuk bertindak)
    Cermat dan teliti
    Sederhana
    Objektif
    Tekun
    Skeptis
    Terbuka
    Mampu bekerjasama
    Empati
    Empiris
    Pedulu terhadap keselamatan kerja
    Sasaran strategi untuk mencapai T2
    Minimal 50% pendidik telah memanfaatkan sarana prasarana yang ada di sekolah sebagai sumber belajar.
    Minimal 50% pendidik telah membahas isu lokal dan isu global dalam pembelajaran yang diampu.
    Minimal 70% pendidik telah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintik dan penilaian autentik.
    Sasaran strategi untuk mencapai T3
    Minimal 70% guru mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam mata pelajaran yang diampu, meliputi kegiatan pelestarian lingkungan, pencegahan kerusakan lingkungan, dan pencegahan pencemaran, dengan isu lokal tentang keanekaragaman hayati di kota Kita, dan pemanasan global sebagai iso global.
    Minimal 3 macam penghematan sumber daya alam.
    Minimal 3 jenis kegiatan 3 R (reduce, reuse dan recycle) dilaksanakan oleh warga sekolah.
    Minimal dalam satu tahun 50% dari 11 kegiatan hari lingkungan hidup dilaksanakan oleh warga sekolah.
    Minimal menjalin kerjasama dengan 3 pihak lain dalam melaksanakan kegiatan penyelamatan lingkungan dan penyediaan sarana prasarana ramah lingkungan.
    Minimal 4 sarana prasarana yang ramah lingkungan (air bersih, WC, drainase, biopori, komposting dan ruang terbuka hijau).
    Sasaran strategi untuk mencapai T4
    Manajemen yang terakreditasi diterapkan di SMA Negeri 11 Tangerang Selatan.
    Sistem Pengolahan Nilai yang berbasis IT.
    Sistem Manajemen keuangan sekolah yang berbasis IT.
    Akuntabilitas kinerja sekolah sekurang-kurangnya baik.
    Penjaminan mutu sekurang-kurangnya dilakukan sekolah bekerjasama dengan pihak lain yang berkompeten.

Mutiara Hadist

Apakah Anda Bisa seperti ini? 

Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, "Ada seseorang yang biasa menghutangkan kepada orang-orang, maka jika ia menyuruh menagih kepada pesuruhnya, ia selalu berpesan, 'Jika kamu mendapati orang itu masih belum dapat membayar, maka maafkanlah dia, semoga Allah memaafkan kami kelak.' Maka ketika ia berhadapan dengan Allah, Allah memaafkannya."
( HR.Bukhari - Muslim )